Jumat, 27 November 2015

MYOB

MYOB
Myob ( Mind Your Own Businnes)MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ).
Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan untuk mempertimbangkan software ini sebagai tool yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat 


SEJARAH MYOB
MYOB merupakan program computer akuntansi (accounting software),MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau. Banyak penghargaan diterima oleh jajaran produk MYOB sejak tahun 1991 sampai sekarang.
Sukses ini kemudian berkembang ke seluruh dunia,MYOB pada tahun itu juga memenangkan MacWorld Award untuk kategori Best Accounting Software dan kategori Best Newcomer Software.
Tahun 1996, MYOB Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover pemasaran MYOB di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB Canada Inc., MYOB Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama dia Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.




KEGUNAAN MYOB DLM KEG.ADM PERUSAHAAN
Berikut kegunaan MYOB dalam kegiatan administrasi perusahaan:
·         Alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
·         Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
·         Mengerti lebih dalam bisnis
·         membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
·         Mengelola barang dagangan
·         Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan,dll
Langkah – langkah yang harus dilakukan :

Klik tombol start
Pilih all program> MYOB Accounting v15 > MYOB Accounting v15
Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses
• Open, untukmembuka data MYOB yang telah ada
• Create, untuk membuat data perusahaan baru
• Explore, untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan
• What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi 12 ini
• Exit, untuk mengakhiri program MYOB
Klik tombol create new company file, klik next
Klik company information lalu masukkan data perusahaan. Setelah itu klik next
Lalu masukkan periode akuntansi, dan klik next bila sudah selesai
Klik tombol save. Klik next
Selanjutnya akan tampil informasi proses telah selesai

Mengenal Area Kerja MYOB Accounting v 15

Setelah anda membuat data perusahaan pada MYOB, Anda perlu mengenal area kerja pada MYOB Accounting v15 sebelum anda memindahkan data perusahaan ke dalam MYOB Accounting.

Mengakhiri Program MYOB Accounting v 15

Untuk mengakhiri anda ikuti langkah sebagai berikut:
Klik file > Exit
Kotak dialog konfirmasi akan tmapil, klik tombol yes
MYOB akan menampilkan kotak informasi lagi, kemudian tandai option backup all data dan check company file for errors, klik tombol continue
Kotak konfirmasi MYOB accounting ditampilkan, yang memberitahukan bahwa tidak terjadi kesalahan dalam data anda. Klik ok
Kotak dialog backup ditampilkan, ketik nama file absolute pada kotak file name, klik save
Proses backup dilakukan setelah selesai aplikasi MYOB accounting akan langsung tertutup.


Tampilan awal Myob Accounting

Tampilan awal Myob Accounting dapat di lihat seperti di bawah ini:

Pada tampilan diatas kita melihat:
1. Account
digunakan untuk membuat daftar perkiraan dan melakukan jurnal umum.
 
2. Banking
untuk mencatatperkiraan yng berhubungan dengan transaksi bank,selan menjual dan membeli barang dagangan.

3. Sales
untuk mencatat penjualan barang,termasuk penerimaan piutang dan segala hal yang berhubungan dengan penjualan tersebut.

4. Time Billing
untuk mencatat dan mengatur waktu yang di set secara otomatis untuk pembayaran baik untuk klien maupun aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan waktu.

5. Purchase
untuk mencatat pembelian barang,termasukpembayaran hutang dan segala hal yang berhubungan dengan pembelian tersebut.

6. Payroll
untuk mencatat tentang gaji,upah,pajak,dan lain sebagainya yang berhubungan dengan karyawan dan pegawai.

7. Inventory
untuk mencatat persediaan barang dagang,khususnya perusahaan dagang.

8. Card File
untuk mencatat dan mengatur data pelanggan,pemasok,pegawai dan pihak lain yang berhubungan dengan perusahaan.

Kelebihan MYOB

Kesuksesan dari penggunaan MYOB oleh para usernya bukanlah tanpa alasan. MYOB memiliki banyak sekali kelebihan, sehingga menjadi salah satu software akuntansi yang banyak diminati oleh user dan laku keras di pasaran. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari MYOB:
Mudah Untuk Digunakan
Kelebihan pertama dari software MYOB ini adalah mudah untuk digunakan. Ya, sama seperti kebanyak software lainnya MYOB memiliki icon – icon serta description yang jelas untuk tiap fungsinya. Sehingga siapapun yang mungkin tidak mempelajari akuntansi tetap akan bisa menggunakan software MYOB ini. Anda hanya perlu menginput data – data dalam database, lalu kemudian melakukan penghitungan dengan mudah dan cepat.
Pengolahan Perhitungan Akuntansi yang Akurat dan Tepat
Perhitungan akuntansi akan menjadi lebih cepat dan juga efisien dengan menggunakan software ini. Bayangkan apabila anda harus menghitung pembukuan dan beragam rumus akuntansi untuk satu periode secara manual, pasti akan memakan waktu sangat lama. Karena itu, penggunaan MYOB sangat membantu dalam hal efiseisnsi waktu dan juga kecepatan dari perhitungan akuntansi.
Dapat Membantu Mengolah Manajemen Proyek 
Apabila anda membawahi lebih dari 1 departemen, maka MYOB bisa melakukan hal ini. Jadi, MYOB bersifat multi user, bisa digunakan untuk mengawasi dan juga melakukan pengolahan data dari proyek – proyek yang sudah dilakukan oleh departemen yang anda bawahi, seperti departemen keuangan, departemen marketing, departemen HRD, dan kemudian mengolahnya untuk membuat laporan akuntasi dan keuangan perusahaan secara utuh.
Tidak Memerlukan Maintanece
Sebuah software, apabila sudah diinstall akan bisa digunakan terus menerus tanpa perlu melakukan maintanance bahkan mengeluarkan biaya bulanan. Maka dari itu MYOB sangat efektif untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi setiap bulannya untuk software ini.
Software Cukup Murah Untuk Kelas UKM
Harga dari software ini pun cenderung murah dan juga terjangkau. Untuk penggunaan dalam jangka waktu tak terbatas, harga sebsar 6 – 7 juta untuk software ini tidaklah mahal, karena akan membantu anda dalam melakukan manajemen bisnis anda sendiri.
Terintegrasi Dengan Database Perusahaan
MYOB juga sudah memiliki fitur integrasi dengan database perusahaan. Jadi anda hanya perlu memasukan database yang akan anda olah dan analisa, maka hasilnya akan muncul dengan cepat dan juga akurat. Tidak perlu repot – repot meng-copy file terlebih dahulu. Banyaknya software database yang ada memungkinkan keterkaikan software satu dengan yang lainnya, namun untuk software MYOB ini cukup fleksibel untuk masalah database, sebab database yang tersimpanpun cukup aman.
Lebih Cepat Dalam Melakukan Penghitungan Akuntansi
Perhitungan akuntansi juga akan menjadi lebih cepat dengan menggunakan software MYOB ini. Tidak perlu membawa banyak berkas yang tebal dan menggunakan perhitungan rumus secara manual. Anda akan lebih cepat dan juga efektif untuk melakukan penghitungan tersebut.

Kelemahan dari Software MYOB

Meskipun memilki banyak keunggulan dan kelebihan, namun software ini juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemamhan dari MYOB :
Tidak Adanya Fitur Pelaporan Perpajakan di Indonesia 
Karena merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Australia, maka dari itu beberapa fitur masih mengadopsi Australian style, seperti fitur perpajakannya. Sehingga bagi anda yang ingin menghitung pajak dan juga pelaporan pajak, anda harus menggunakan software lainnya untuk melakukan penghitungan pajak perusahaan anda.
Hanya Bisa Dilakukan pada Satu Perusahaan 
MYOB hanya cocok untuk digunakan oleh pebisnis yang hanya memilki satu perusahaan saja. Jadi bagi anda yang memiliki perusahaan atau anak perusahaan lebih dari satu, alias multi company, sehingga tidak cocok bagi pengusaha yang multi-company. Aplikasi MYOB belum bisa memenuhi kebutuhan para pebisnis dengan banyak kebutuhan.
Belum Tersedia dalam Bahasa Indonesia
Mungkin bukan merupakan masalah yang penting, namun demikian terkadang ada beberapa pengguna atau user yang tekadang suka kebingungan akan perbedaan istilah dalam bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris. Karena itu, belum adanya Bahasa Indonesia dalam software MYOB ini juga merupakan suatu kelemahan.
Beda Format Neraca Keuangan Dengan Indonesia
Masih dari perbedaan negara, format keuangan yang didukung oleh software MYOB ini merupakan format neraca keuangan Australia, sehingga hal ini cukup merepotkan, karena format neraca keuangan yang umum digunakan di Indonesia berbeda dengan format neraca keuangan di Australia.
Belum Mendukung Multi Currency
MYOB juga ternyata belum mendukung multi currency, sehingga anda harus melakukan konversi mata uang terlebih dahulu sebelum memasukkan transaksi yang sudah anda lakukan, Cukup repot memang apabila sebuah software keuangan belum mendukung fitur multi currency.
Belum Mendukung Fitur Multi Gudang
Bagi anda yang memiliki lebih dari 1 gudang pun ternyata masih juga direpotkan oleh keterbatasan dari software MYOB. MYOB belum mendukung multi gudang atau multi warehaouse. Hal ini Membuat anda akan kerepotan, terutama apabila anda memiliki lebih dari satu gudang penyimpanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar