Selasa, 26 Januari 2016

MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Manusia Dan Kegelisahan


KEGELISAHAN

Kegelisahan adalah hal yang tidak terduga rupanya, bisa dirasakan sebelum sesuatu hal terjadi pada saat hal itu terjadi, atau bahkan setelah hal itu terjadi. Sekarang bagaimana kita dapat mengendalikan kegelisahan itu agar tidak berlarut-larut dan menimbulkan efek yang justru mengganggu kehidupan dan perasaan kita. Jadi setiap ada hal apapun yang membuat kita gelisah maka kita harus
bersugesti hal yang baik agar membuat kita tenang, dan selalu mengambil hikmah dari apapun yang terjadi. Efek kegelisahan bisa timbul karena ada perlakuan yang tidak positif dari dalam diri kita sendiri. Maka dari karena itu apabila kita melakukan suatu kejadian atau perbuatan harus di usahakan sebisa mungkin menjalankannya dengan baik.

Jenis Jenis Gangguan Kecemasan:
·         Gangguan Panik
Bukan hanya serangan rasa cemas yang membuat dia tidak berdaya, di saat sudah tenang pun, penderita tetap takut serangan itu akan kambuh lagi. Akibatnya, para penderitanya cenderung menghindari tempat di mana mereka pernah mendapat serangan itu. Ada yang bersikeras untuk tidak ke luar rumah atau bisa menghadapi situasi yang mereka takuti hanya bila ditemani orang yang mereka percayai. Menurut penderita gangguan ini, bila mereka sendirian, mereka bisa mendadak panik. Bersama orang tertentu mereka merasa aman; sehingga akan cemas bila berjauhan dari orang yang mereka percayai.
·         Gangguan Obsesif-Kompulsif
Orang yang terobsesi dengan kuman dan kotoran bisa jadi merasakan dorongan untuk mencuci tangan lagi, dan lagi. Demikian halnya yang dirasakan oleh penderita gangguan ini. Seorang penderita mengatakan, "Pikiran saya selalu berkecamuk karena saya terus membayangkan kesalahan masa lalu, menganalisis dan menilainya dari berbagai segi." Akibatnya timbul obsesi untuk mengakui kesalahan masa lalu kepada orang lain. Sehingga mereka harus selalu ditenteramkan hatinya. Tetapi, obat-obatan membantu mengendalikan obsesinya.
·         Gangguan Stres Pascatrauma (PTSD)
Belakangan ini, istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan berbagai gejala psikologis yang mungkin dialami akibat peristiwa yang sangat traumatis seperti musibah atau sejenisnya. Para penderita PTSD bisa jadi gampang terkejut, cepat marah, coati rasa secara emosi, kehilangan minat akan hal-hal yang tadinya mereka sukai, dan sulit untuk akrab dengan orang lain - khususnya orang yang sebelumnya dekat dengan mereka. Ada yang menjadi agresif, bahkan beringas, dan cenderung menghindari situasi yang mengingatkan mereka akan peristiwa traumatis itu.
·         Fobia Sosial, atau Gangguan Kecemasan Sosial
Istilah ini digunakan untuk menggolongkan orang-orang yang teramat sangat cemas dan terlalu minder dalam pergaulan sehari-hari. Beberapa penderita merasa begitu dihantui perasaan takut diperhatikan dan dinilai oleh orang lain. Mereka bisa jadi khawatir selama berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum menghadiri sua¬tu acara. Rasa takut mereka bisa menjadi begitu parah sehingga mengganggu pekerjaan, sekolah, atau kegiatan biasa lainnya dan membuat mereka sulit menjalin serta mempertahankan persahabatan.
·         Gangguan Kecemasan Umum
Penderita gangguan ini kehidupannya sepanjang hari penuh dengan kekhawatiran yang berlebihan, meski hanya sedikit atau tidak ada alasan untuk itu. Para penderitanya suka mengkhayalkan bencana dan terlalu merisaukan soal kesehatan, uang, problem keluarga, atau kesulitan di tempat kerja. Membayangkan bagaimana melewati satu hari saja sudah bisa menimbulkan kecemasan.



Sebab orang gelisah
Apabila  kita  kaji,  sebab-sebab  orang  gelisah  adalah  karena  pada  hakekatnya   orang takut  kehilangan  hak-haknya.  Hal itu adalah  akibat dari suatu ancaman,  baik ancaman  dari luar  maupun  dari  dalam.

Contoh:
Bila ada suatu  tanda bahaya  (bahaya  banjir, gunung  meletus,  atau perampokan), orang tentu akan gelisah. Hal itu disebabkan karena bahaya itu mengancam  akan hilangnya beberapa    hak  orang   sekaligus.   misalnya   hak  hidup,   hak  milik,   hak  memperoleh perlindungan,   hak  kemerdekaan  hidup, dan mungkin  hak  nama  baik.

Usaha Usaha MengatasiKegelisahan
Mengatasi  kegelisahan  ini pertama-tama  harus  mulai  dari diri sendiri,  yaitu  kita harus  bersikap  tenang.  Dengan  sikap  tenang  kita  dapat  berpikir  tenang,  sehingga   segala kesulitan  dapat  kita atasi.Untuk mengatasi kegelisahan  yang paling  ampuh  kita memasrahkan   diri kepadaTuhan.Kita  pasrahkan  nasib  kita  sepenuhnya  kepada-Nya,   kita  harus  percaya  bahwa Tuhanlah  Maha  Kuasa.  Maha Pengasih,  Maha penyayang  dan  Maha  Pengampun.

Contoh
 Dokter  yang menghadapi  istri dan anaknya  yang sedang  sakit, justru  tidak dapat merasa tenang, karena ada ancaman terhadap haknya. Dokter tidak dapat berbuat  apa-apa bila  menghadapi   keluarganya  yang  sakit,  karena  ia  merasa  khawatir.  Dalam  hal  ini dokter  itu harus  bersikap  seperti   menghadapi  pasien  yang  bukan  keluarganya.


KETERASINGAN

Keterasingan  berasal  dari kata terasing. dan kata itu adalah dari kata dasar  asing. Kata asing  berarti  sendiri,  tidak  dikenal  orang.  sehingga  kata  terasing  berarti,  tersisihkan   dari pergaulan,  terpisahkan  dari  yang  lain.  atau terpencil.  Jadi kata  keterasingan   berarti  hal-hal yang  berkenaan  dengan  tersisihkan  dari pergaulan,terpencil  atau terpisah  dari  yang  lain.
Terasing  atau  keterasingan   adalah  bagian  hidup  manusia.  Sebentar  atau  lama  orang pemah   mengalami   hidup  dalarn  keterasingan,  sudah  tentu  dengan  sebab  dan  kadar  yang berbeda  satu  sarna lain.
Yang menyebabkan  orang berada dalam keterasingan   itu ialah perilakunya  yang tidak dapat  diterima  atau tidak dapat dibenarkan  oleh masyarakat,  atau kekurangan  yang ada pada diri  seseorang,  sehingga  ia tidak dapat  atau sulit menyesuaikan  diri dalam  masyarakat.
Perilaku  yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan  itu selalu menimbulkan keonaran   dalam   masyarakat,    sifatnya   bertentangan  dengan  atau  menyentuh  nilai-nilai kemanusiaan. Hal  itu  akan  merugikan  harta,  nama  baik,  martabat, harga  diri  orang  lain. Karena  itu orang  yang berbuat  itu dibenci  oleh masyarakat dan berada dalam keterasingan. Perbuatan itu  misalnya mencuri,  memperkosa, mengganggu istri  orang, menghina orang sombong.

KESEPIAN

Kesepian adalah keadaan emosi dan kognitif yang tidak bahagia yang diakibatkan oleh hasrat akan hubungan akrab tetapi tidak dapat mencapainya. Individu yang tidak menginginkan teman bukan orang yang kesepian, tetapi seseorang yang menginginkan teman dan tidak memilikinyalah orang yang kesepian. Kesepian adalah pengalaman subjektif.
Kesepian juga dideskripsikan sebagai kesakitan sosial - suatu mekanisme psikologis untuk memperingatkan seorang individu atas isolasi yang tidak diinginkan dan memotivasinya untuk mencari hubungan sosial.
Sebagai makhluk sosial, rasanya tidak ada orang yang ingin kesepian, tanpa punya sahabat tempat berbagi perasaan atau juga tidak punya keterikatan emosional dengan pasangan. Orang-orang yang kesepian cenderung menilai dirinya sebagai orang yang tidak berharga dan tidak dicintai. Akhirnya ia pun tidak nyaman berada di lingkungan mana pun.
Selain mendatangkan penyakit, kesepian yang dirasakan seseorang juga bisa membuatnya kedinginan dan mudah terserang flu. Menurut peneliti dari Universitas Toronto, Kanada, orang-orang yang merasa dirinya terasing sering merasa kedinginan di sebuah ruangan bila dibandingkan dengan orang yang bahagia.


KETIDAKPASTIAN

Ketidakpastian adalah sebutan yang digunakan dengan berbagai cara di sejumlah bidang, termasukfilosofi, fisika, statistika, ekonomika, keuangan, asuransi, psikologi, sosiologi, teknik, dan ilmu pengetahuan informasi. Ketidakpastian berlaku pada perkiraan masa depan hingga pengukuran fisik yang sudah ada atau yang belum diketahui.
Contohnya, jika Anda tidak tahu apakah besok hujan, maka Anda mengalami ketidakpastian. Bila Anda menerapkan kemungkinan ini pada hasil memungkinkan yang menggunakan perkiraan cuaca atau penilaian kemungkinan  terkalibrasi, Anda telah memperkirakan ketidakpastian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar